Rabu, 11 Desember 2013

Media Sosial & Digital Learning (Stefanus L)

Media Sosial & Digital Learning
 












Apa itu Media Sosial & Digital Learning?
Media Sosial adalah media online dengan para penggunanya bisa berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Digital Learning adalah kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan jaringan (Internet, LAN, WAN) sebagai metode penyampaian, interaksi, dan fasilitasi serta didukung oleh berbagai bentuk layanan belajar lainnya. Digital learning sudah diterapkan oleh sekolah-sekolah di negara maju maupun berkembang.

Hubungan Media Sosial & Digital Learning
Hubungan media sosial & digital learning tidak lepas dari perkembangan teknologi media komunikasi yang sudah berkembang secara bertahap dan pesat seperti laptop, Ipad & Smartphone sejak peluncuran smartphone pertama bermerk Apple. Dengan adanya media komunikasi, kita dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui media sosial, tapi media sosial bisa dijadikan ajang diskusi antar anggota kelompok dalam jarak berjauhan. Media sosial mendukung digital learning melakukan kegiatan pembelajaran materi yang sudah ada dari situs/website yang berpendidikan. Saat ini, kampus kita sudah menerapkan digital learning sebagai ajang kegiatan belajar mengajar sekaligus mendukung media sosial yang positif untuk berdiskusi antar anggota dalam kelompok

Jenis media sosial serta survei
Jenis media sosial yang kita miliki di dalam Hp/Smartphone itu sangat banyak seperti Facebook, twitter, LINE, Path, BBM (Blackberry messenger), Kakaotalk, Dsb. Tapi menurut survei, pengguna media sosial paling banyak menggunakan program media sosial sebagai berikut:
1. Facebook
Jejaring sosial ini memiliki 1 miliar pengguna. Terbesar di jagad raya ini untuk urusan pengguna. Facebook bukan hanya jejaring sosial, Mark Zuckerberg menyuntikan beberapa platform lain di situs ini.

2. Twitter
Microblogging ini memiliki setengah miliar pengguna atau hampir setengah pengguna Facebook. Didirikan tahun 2006, Twitter cepan mendapat hati di kalangan netizen khususnya pengguna mobile.

3. Google+
Google pun tergiur ikut terjun di jejaring sosial. Kini media sosial ini memiliki 400 juta pengguna. Google+ terkenal dengan fitur Hangout-nya.

4. Weibo
Weibo atau Sina Weibo didirikan Agustus 2009. Saat ini memiliki 300 juta pengguna. Weibo sering disebut sebagai Twitter-nya China.

5. RenRen
Jika AS miliki Twitter, China miliki Sina Weibo. Di China juga memiliki Facebook sendiri, yakni RenRen. Didirikan Desember 2005, RenRen kini miliki 250 juta pengguna. 

Bagaimana dengan program LINE, Path, Kakaotalk, BBM (Blackberry messenger)? Apakah bisa dikategorikan sebagai media sosial? lihat artinya di bawah ini:
 LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti smartphone, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain.
 
 Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial dalam smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan.

BlackBerry Messenger, disingkat BBM, adalah aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat Blackberry. 

KakaoTalk adalah sebuah aplikasi messenger lintas platform yang tersedia bagi pengguna smartphone. KakaoTalk memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan tanpa membayar karena ia menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan pesan tersebut. KakaoTalk juga dilengkapi dengan fitur file sharing, group chat dan fitur - fitur lainnya.

Jadi, keempat jenis program di atas bisa dikategorikan sebagai media sosial tapi hanya diperuntukkan pada pengguna smartphone saja karena keempat jenis program itu termasuk aplikasi pengiriman pesan instan. Tidak mungkin keempat jenis program itu diinstal ke semua laptop, tapi kemungkinan ada beberapa laptop bisa menginstall setidaknya 2 program itu berkat dukungan dari window Xp terbaru yang sudah berkembang secara bertahap.

Mengapa media sosial & digital learning itu penting?
Menurut pendapat saya, media sosial & digital learning itu penting untuk masa mendatang karena media sosial memudahkan orang untuk berkommunikasi dengan orang lain dan bisa berdiskusi dengan anggota dalam kelompok, sedangkan digital learning memudahkan orang (siswa sekolah & mahasiswa) belajar materi menggunakan media elektronik (Ipad/laptop) serta dapat mengakses internet dengan bantuan modem Wi-Fi. Media sosial dan digital learning saling bekerja sama/bersinabungan dalam proses komunikasi dari seseorang dengan orang lain/kelompok orang diibaratkan dengan proses sosialisasi dalam masyarakat. 

 Harapan saya mengenai media sosial & digital learning
Harapan saya mengenai media sosial & digital learning pada masa mendatang, media sosial & digital learning terus berkembang seiringnya perkembangan teknologi/peluncuran teknologi yang memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi & belajar/bekerja. Saya harap penerapan media sosial & digital learning terus dilakukan di kampus-kampus seluruh Indonesia. hal ini memudahkan mahasiswa belajar, mengerjakan tugas, berdiskusi dalam jarak jauh dsb. selain itu, kampus-kampus Indonesia harus mempunyai modem Wi-Fi agar dapat diakses mahasiswa melalui Ipad, laptop & smartphone. 
  


Reference
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial ;/Line ;/Path ;/BlackBerry_Messenger ;/KakaoTalk
http://indrayani.staff.ipdn.ac.id/?p=56
http://all-blog-share.blogspot.com/2013/03/macam-macam-jejaring-sosial-lengkap.html 

 

2 komentar: